Tuesday, February 28, 2012

Entrepreneurship...!

Hari ini banyak motivasi yang diberikan oleh Pak Fachrul Kurniawan selaku dosen kewirausahaan di UIN Maliki Malang. "Berwirausahalah kalian, karena Indonesia membutuhkan entrepreneur-entrepreneur seperti kalian". Perkataan beliau ini membuatku menjadi begitu bersemangat untuk berbisnis, terutama berbisnis dibidangku sendiri yaitu TI..., targetku bisa berbisnis dalam hal Blog/Web Developer dan bisnis yang langsung terjun ke lapangan.

Wajar jika Indonesia masih membutuhkan para entrepreneur..., di amerika sampai saat ini sudah lebih dari 12 persen penduduknya menjadi entrepreneur, dalam setiap 11 detik  lahir entrepreneur baru dan  Data menunjukkan 1 dari 12 orang Amerika terlibat langsung dalam kegiatan entrepreneur.  Itulah yang menjadikan amerika sebagai negara adi kuasa dan super power. 


Selanjutnya Jepang lebih dari 10 persen penduduknya sebagai wirausaha dan lebih dari 240 perusahaan jepang skala kecil, menengah dan besar bercokol dibumi kita ini. Padahal jepang mempunyai luas wilayah yang sangat kecil dan sumber daya alam yang kurang mendukung (kurang subur) namun dengan semangat dan jiwa entrepreneurshipnya menjadikan jepang sebagai negara terkaya di Asia.

Mengintip sedikit jumlah pengusaha tetangga terdekat yang satu rumpun dengan kita yaitu singapura dan malaysia, fakta menyebutkan lebih dari 7.2 persen pengusaha singapura dan lebih dari 3 persen pengusaha malaysia yang menjadikan pertumbuhan berbagai bidang terutama pertumbuhan ekonomi semakin jauh meninggalkan  kita. 

Tahukah teman-teman ? kita hanya memiliki 0.18 persen pengusaha alias kurang dari 1 persen dari jumlah penduduk saat ini. Padahal untuk membangun ekonomi bangsa, menjadi bangsa yang maju, menurut sosiolog yaitu David McCleiland, sedikitnya dibutuhkan minimal 2 persen wirausaha dari populasi penduduknya, atau dibutuhkan sekitar 4,8 juta wirausaha di Indonesia saat ini. Begitupun menurut Ciputra setidaknya dibutuhkan minimal 2 persen pengusaha untuk menjadikan bangsa ini bangkit dari keterpurukan.

Sungguh sangat tertinggal jauh Indonesia dengan negara-negara lain. Ini merupakan PR terbesar pemerintah Indonesia. Jangan sampai Indonesia terus mengekor kepada negara-negara lain.... :)
So...., Sebenarnya berwirausaha itu sungguh sangat menyenangkan. Tergantung dari kalian semua, apakah ingin melangkah maju ataukah malah sebaliknya....!

No comments:

Post a Comment